Pengalaman berorganisasi

Senenarnya apa sih organisasi itu?
Menurut saya, organisasi itu adalah sekumpulan orang  yang mempunyai tujuan yang sama. Organisasi itu mengajarkan kita banyak hal terutama dalam kepemimpinan, organisasi juga mengajarkan kita untuk berpikir kritis, berpikir luas, pendewasaan, bekerjasama, dan masih banyak hal positif lainnya. Banyak manfaat yang kita dapatkan dalam berorganisasi, contoh kecil misalnya kita mempunyai banyak teman juga bisa melatih diri kita apabila berbicara didepan orang banyak. Tentu sangatlah berbeda, orang yang mengikuti organisasi dengan orang yang tidak pernah mengikuti organisasi, contohnya dalam cara berpikir, tingkah laku dan wawasan yang mereka punya.
Bentuk-bentuk organisasi misalnya seperti BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa), Himpunan Mahasiswa, Unit Kegiatan Mahasiswa, Ikatan Organisasi Mahasiswa, Lingkar Studi Mahasiswa, Osis (Organisasi Siswa Intra Sekolah), MPK (Musyawarah/ Majelis Perwakilan Kelas), dan ekstra kurikuler seperti : PMR (Palang Merah Remaja), Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera), KIR (Kegiatan Ilmiah Remaja), Pramuka, Teater, dll.
            Saya mempunyai pengalaman dalam mengikuti beberapa organisasi. Sejak di Sekolah Dasar saya pernah mengikuti organisasi Pramuka. Dimana ketika saya mengikuti sebuah oganisasi Pramuka banyak sekali pengalaman yang dapat saya jadikan sebagai pembelajaran di masa depan. Dan juga dari organisasi pramuka saya mempunyai banyak kenalan teman dari berbagi kelas. Pengalaman yang saya ikuti di organisasi pramuka adalah mengikuti kegeiatan PERSAMI. Pada saat itu kegiatan tersebut merupakan hal wajib yang harus diikuti oleh seluruh siswa dari kelas 4 SD, 5 SD, dan 6 SD. Waktu itu saya masih duduk di kelas 4 SD. Ketika mengikuti kegiatan tersebut banyak hal yang dapat saya pelajari. Bagaimana cara hidup yang disipiln, menjadi ketua kelompok yang benar, cara hidup di hutan atau survival dan lain sebagainya. Hal yang paling menarik bagi saya adalah saat saya kelas 4 SD,  saat mau dilantik. Setiap warna barung akan dilantik atau ujian agar bisa naik tingkat. Segala persyaratan harus dipenuhi oleh setiap anggota, dari kerapihan, hafalan dari buku pramuka, kedisiplinan, dll. Kemudian yang kedua adalah saat kami harus menghafal sandi semaphore dengan menggunakan 2 bendera. Hampir seminggu kami menghafalkan sandi tersebut. Belajar berlatih mulai dari pulang sekolah, hari minggu berkumpul disekolah hanya untuk berlatih kembali. Hingga akhirnya kami sukses saat tampil didepan kakak-kakak pengawas.
Pada saat SMP saya sempat meneruskan organisasi Pramuka namun tidak bertahan lama, hanya bertahan sekitar 2 bulan. Lalu saya masuk ke organisasi PMR (Palang Merah Remaja). Dari kelas 7 saya mulai mengikuti latihan-latihan bersama teman-teman dan kakak-kakak dari PMI. Pengalaman paling berkesan dari mengikuti organisasi ini adalah pada saat pengarahan posisi untuk upacara 17 Agustusan oleh kakak-kakak Pembina, saat berbagi tugas, kebetulan saya harus berbertanggung jawab di sebuah lapangan besar dimana semua sekolah SMP sekota Depok menghadiri upacara ini.

Masuk SMA saya tidak melanjuti organisasi PMR bahkan saya tidak mengikuti organisasi apapun pada saat di SMA. Saat kelas 11 saya tertarik pada organisasi taekwondo. Akhirnya saya ikut gabung pada organisasi tersebut. Di organisasi ini pengetahuan saya semakin bertambah tentang pentingnya berolahraga dan menjaga diri. Ditambah lagi semakin banyak pula tali pertemanan yang terjalin karena kami bergabung dengan beberapa sekolah se-DKI Jakarta. 

Komentar

Postingan Populer