Marketing susu milkuat Tiger Nutriplus

BAB I
PENDAHULUAN

1.1)         Apa sih Milkuat itu?
            Milkuat adalah salah satu produk dari PT. Danone Dairy Indonesia. DANONE yang berasal dari Perancis. Milkuat terbuat dari susu segar alami yang sama sekali tidak menggunakan pemanis buatan, maupun pengawet minuman. Susu Milkuat menggunakan gula alami untuk pemanisnya. Dan karena tidak menggunakan pengawet susu Milkuat hanya bertahan hingga 2 bulan. Ada dua macam rasa yang bisa dinikmati, yaitu rasa cokelat dan Strawberry Fantasy. Selain dalam 2 varian rasa, Mikuat juga mempunyai 2 ukuran yaitu 95ml dan 170ml. Dairy Danone bekerja sama dengan ahli gizi dari PDGMI (Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia) Jaya menciptakan produk yang membantu menyeimbangkan kekurangan mikronutrien yang dialami banyak anak Indonesia.
1.2)         Inovasi terbaru Milkuat
Misi dari PT. Danone. Misi PT. Danone Dairy Indonesia ini salah satunya terlihat dari inovasi susu Milkuat Baru! Inovasi yang dilakukan oleh Danone terhadap brand Milkuat ini antara lain dari sisi packaging dan nutrisi produk. Perpaduan inovasi kemasan yang unik dengan kepala Tiger (maskot Milkuat) dengan label “PLUS” Zat besi dan Zink.
Berikut perbedaan inovasi packaging Milkuat!


(Sebelum)   




                                  (Sesudah)

Dari gambar diatas bisa dilihat perbedaan dari packaging botol. Sebelum inovasi packaging  masih dengan gambar setengah badan dari Milku yang sedang menendang bola. Sedangkan sesudah inovasi packaging tampak berbeda. Tidak ada lagi unsur bolanya namun dengan demikian nutrisinya jauh lebih banyak dibandingkan sebelumnya.
            Dan untuk inovasi nutrisi produk bisa dilihat dari packaging. “Milkuat NutriPLUS” bahwa ada tambahan nutrisi yang tertera di kemasan yaitu adanya tambahan Zink dan Zat Besi.
1.3)      Nutrisi dalam Milkuat Nutriplus
Pada umumnya susu adalah sumber protein, lemak dan kalsium yang sangat penting sebagai pelengkap makanan sekaligus nutrisi untuk tubuh. Terutama bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Milkuat Tiger Nutriplus dibuat dari Susu Segar yang tinggi kalsium, mengandung 9 Vitamin dan 2 mineral esensial, serta Ekstra Zat besi dan Zink.
Untuk lebih mengetahui lebih detail macam kandungan vitamin dan mineralnya, mari kita lihat informasi nilai gizi dari Susu Milkuat Tiger Nutriplus.

(untuk takaran botol 95ml)


(untuk takaran 170ml)


  

BAB II
MARKETING PRODUK

2.1)         Marketing Produk secara umum
1)      Hubungan dengan Masyarakat
Dairy Danone bekerja sama dengan ahli gizi dari PDGMI (Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia) Jaya dalam menciptakan produk Milkuat Tiger. Dan menghadirkan ahli gizi dalam memberikan saran gizi untuk para konsumen yang ingin berinteraksi langsung dengan ahli gizi lewat website Milkuat.
2)      Acara dan Pengalaman
Dalam mempromosikan produknya, pada akhir tahun 2012 kemarin Milkuat mengadakan lomba Blog Milkuat. Para peserta membuat artikel blog dengan tema "Pengalaman Ibu atau orang tua terhadap produk Milkuat Tiger Botol untuk si kecil".

2.2)         Marketing Produk secara Langsung
1)      Personal selling
Sebuah stand penjualan Milkuat yang sengaja untuk memberi brand experience yang lebih berkesan dengan adanya interaksi dengan para konsumen. Biasanya membutuhkan SPG untuk menggerakkan booth ini. Milkuat booth biasanya ditempatkan di beberapa supermarket-supermarket juga di lokasi rekreasi keluarga pada hari-hari strategis dimana diprediksikan akan ramai pengunjung, seperti pada akhir pekan, liburan sekolah.

2)      Sales promotion
Bentuk persuasif secara langsung melalui penggunaan berbagai insentif yang dapat diatur untuk merangsang pembelian produk dengan segera dan atau meningkatkan jumlah barang yang dibeli konsumen. Seperti sampel produk, coba gratis, hadiah bagi pelanggan yang membeli sesuai ketentuan. Contoh beli kelipatan Rp10.000,- Susu botol Milkuat Tiger akan mendapatkan buku tulis dari Milkuat, dan setiap membeli kelipatan Rp 25.000,- pelanggan akan mendapatkan Lunch Box cantik dari Milkuat.


2.3)         Marketing Produk secara Tidak Langsung
            PT. Danone Dairy Indonesia juga menggunakan website, iklan TV,dll. Untuk memasarkan inovasi terbaru produknya.
1)         Iklan TV
Iklan yang berdurasi kurang lebih 30 detik. Penggambaran persepsi anak yang melihat refleksi dirinya sebagai superhero setelah minum Milkuat bertujuan untuk mengkomunikasikan semangat kuat yang didapat dari Milkuat. Stasiun TV yang digunakan berdasarkan banyaknya program anak-anak dan yang memiliki rating yang baik. Kualifikasi programnya seperti TV series, talk show, children program, cartoon. Stasiun yang dipilih seperti RCTI, SCTV, Transtv, Trans 7, MNC, ANTV.

2)         Iklan di Majalah
Iklan ini akan dieksekusi oleh media bersangkutan sehingga gaya editorial dan layout akan sesuai dengan karakter dari media tersebut. Walau begitu akan tetap merujuk pada panduan dari Milkuat. Konten iklan ini berisi informasi dalam bentuk artikel yang ditujukan untuk mengedukasi masyarakat, khususnya para ibu. Artikel tersebut mengenai manfaat vitamin, mineral dan fosfor bagi anak, dimana nutrisi-nutrisi tersebut merupakan nutrisi yang terdapat pada Milkuat. Majalah seperti Nova, Femina, Nyata, Kartini.
        Adapun majalah anak-anak, iklan ini menampilkan sang anak dan Milku dan aksi berlari dengan refleksi diri si anak dalam bentuk superhero. Seperti Bobo, Donal Bebek, Mombi.


3)         Website
Di bagian belakang kemasan botol terdapat sedikit penjelasan mengenai pentingnya zat besi. Informasi mengenai pentingnya zat besi ini diberikan sangat singkat. Informasinya hanya berbunyi:
Zat besi dapat membantu dan mencegah anemia defisiensi zat besi. Jika kamu ingin mengetahui tentang Milku, kunjungi www.milkuat.co.id
Saat kita mengunjungi website Milkuat ini, ada beberapa hal menarik yang dapat dipelajari tentang bagaimana suatu brand membentuk persepsi konsumen. Mulai dari konsistensi pesan seperti kata “PLUS”, Milkuat Baru!; strategi Milkuat dalam membentuk persepsi konsumen, seperti di halaman homepage Milkuat ada beberapa kategori:
a)         Info produk
b)         Info Nutrisi
c)         Games

4)         Twitter dan Facebook
Milkuat mempunyai akun sosial yang secara tidak langsung juga mempromosikan produknya. Dengan kata lain, dengan adanya akun ini menjadikan produk Milkuat lebih ramah atau lebih bermasyarakat ke konsumen. Dengan mengadakan beberapa kuis berhadiah seputar produk
Milkuat Tiger, tanya jawab dengan dokter kesehatan anak, hingga tips-tips menjaga kesehatan anak, dll.





BAB III
KESIMPULAN

           Milkuat adalah salah satu produk dari PT. Danone Dairy Indonesia. DANONE yang berasal dari Perancis. Milkuat terbuat dari susu segar alami yang sama sekali tidak menggunakan pemanis buatan, maupun pengawet minuman. Ada dua macam rasa yang bisa dinikmati, yaitu rasa cokelat dan Strawberry Fantasy. Selain dalam 2 varian rasa, Mikuat juga mempunyai 2 ukuran yaitu 95ml dan 170ml. Dairy Danone bekerja sama dengan ahli gizi dari PDGMI (Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia). Milkuat Tiger Nutriplus dibuat dari Susu Segar yang tinggi kalsium, mengandung 9 Vitamin dan 2 mineral esensial, serta Ekstra Zat besi dan Zink.

           Strategi Marketing mulai dari yang umum, tidak langsung, maupun langsung kepada konsumen dilakukan untuk mendapat perhatian para pelanggan dengan segala keunggulan produk Milkuat Nutriplus. 

Komentar

Postingan Populer