Apa itu Management?
     Kata Management sebenarnya merupakan istilah yang tidak mudah didefinisikan secara tunggal. Dalam sudut pandang yang pertama, pengertian yang diberikan pun berbeda-beda. Dalam Encylopedia of the Social Sience dikatakan bahwa management adalah suatu proses dengan proses mana pelaksanaan suatu tujuan tertentu diselenggarakan dan diawasi. James A.F. Stoner juga memahami management dalam sudut pandang sebagai proses. Menurutnya, management adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahaan dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Di Indonesia, Sukanto Reksohadiprodjo juga menggunakan pendekatan ini. menurutnya, management adalah proses merencana, mengorganisasi, mengarahkan, mengkoordinasikan serta mengawasi kegiatan mencapai tujuan organisasi secara efisien dan efektif. Sementara George R. Terry mengatakan bahwa management adalah pencapaian tujuan yang ditetapkan terlebih dahulu dengan mempergunakan kegiatan orang lain.
Dari keempat definisi dari para tokoh diatas dapat disimpulkan bahwa Management adalah suatu usaha merencanakan, mengorganisir, mengarahkan, mengkoordinir serta mengawasi kegiatan dalam suatu organisasi agar tercapai tujuan organisasi secara efisien dan efektif. 


Sebutkan Jenis-jenis Management!
a)      Manajemen Produksi
   Manajemen Produksi adalah penerapan manajemen berdasarkan fungsinya untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan standar yang ditetapkan berdasarkan keinginan konsumen, dengan teknik produksi yang seefisien mungkin, dari mulai pilihan lokasi produksi hingga produk akhir yang dihasilkan dalam proses produksi
b)      Manajemen Keuangan
      Manajemen Keuangan adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk memastikan bahwa kegiatan bisnis yang dilakukan mampu mencapai tujuannya secara ekonomis yaitu diukur berdasarkan profit. Tugas manajemen keuangan diantaranya merencanakan dari mana pembiayaan bisnis diperoleh, dan dengan cara bagaimana modal yang telah diperoleh dialokasikan secara tepat dalam kegiatan bisnis yang dijalankan
c)      Manajemen Informasi
      Manajemen Informasi adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha memastikan bahwa bisnis yang dijalankan tetap mampu untuk terus bertahan dalam jangka panjang. Untuk memastikan itu manajemen informasi bertugas untuk menyediakan seluruh informasi yang terkait dengan kegiatan perusahaan baik informasi internal maupun eksternal, yang dapat mendorong kegiatan bisnis yang dijalankan tetap mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di masyarakat


Apa itu Kepemimpinan ?
   Seperti istilah management, kepemimpinan (leadership) telah didefinisikan dengan berbagai cara yang berbeda oleh berbagai orang yang berbeda pula. Beberapa pengertian kepemimpinan menurut beberapa ahli seperti:
a)   Kepemimpinan adalah suatu seni atau proses mempengaruhi sekelompok orang sehingga mereka mau bekerja dengan sungguh-sungguh untuk meraih tujuan kelompok. (Koontz dan Cyril O’Donnel)
b)    Kepemimpinan adalah kegiatanuntuk mempengaruhi orang-orang agar bekerja dengan ikhlas untuk mencapai tujuan bersama. (George R. Terry)
c)  Kepemimpinan didefinisikan sebagai suatu proses pengarahan dan pemberian pengaruh pada kegiatan-kegiatan dari sekelompok anggota yang saling berhubungan. (Stoner)
     Dari beberapa pengertian diatas bisa kita simpulkan bahwa kepemimpinan merupakan tindakan seorang pemimpin dalam memimpin anggota kelompok yang dibawahnya dalam usahanya untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditentukan.

Apa itu Perencanaan ?
     Perencanaan adalah pemilihan sekumpulan kegiatan dan pemutusan selanjutnya terhadap apa yang harus dilakukan, kapan, bagaimana dan oleh siapa. Sementara itu Sondang P. Siagian mendefinisikan perencanaan sebagai “keseluruhan proses pemikiran dan penentuan secara matang dari pada hal-hal yang akan dikerjakan di masa yang akan datang dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan.”

Manfaat dari Perencanaan ?
    Beberapa manfaat dari perencanaan diantaranya memberikan pedoman yang konsisten bagi kegiatan-kegiatan organisasi. Disamping itu perencanaan juga membantu manajer mengantisipasi masalah-masalah sebelum timbul dan menanganinya sebelum menjadi lebih berat.

Jenis-jenis perencanaan dalam organisasi
Ada 5 dasar pengklasifikasian rencana-rencana yaitu:
1)      Bidang fungsional, mencakup rencana produksi, pemasaran, keuangan dan personalia.
2)      Tingkatan organisasional, termasuk keseluruhan organisasi atau satuan-satuan kerja organisasi.
3)  Karakteristik-karakteristik (rencana), meliputi faktor-faktor kompleksitas, flaksibilitas, keformalan, kerahasiaan, biaya, rasionalitas, kuantitatif, dan kualitatif.
4)      Waktu, menyangkut rencana jangka pendek, menengah dan jangka panjang.
5)      Unsur-unsur rencana, dalam wujud anggaran, program, prosedur, kebijaksanaan dan sebagainya.


Reksohadiprodjo, Sukanto. 1984. Dasar-dasar Management. Yogyakarta: BPFE

Zamani. 1998. Management. Jakarta: CV. Agung Semarang

Komentar

Postingan Populer