Marketing susu milkuat Tiger Nutriplus
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1)
Apa sih Milkuat itu?
Milkuat adalah salah satu produk
dari PT. Danone Dairy Indonesia. DANONE yang berasal dari Perancis. Milkuat terbuat dari susu segar alami yang sama sekali tidak menggunakan pemanis buatan, maupun pengawet minuman. Susu Milkuat menggunakan gula alami untuk pemanisnya. Dan karena tidak menggunakan pengawet susu Milkuat hanya bertahan hingga 2 bulan. Ada dua macam rasa yang bisa
dinikmati, yaitu rasa cokelat dan Strawberry Fantasy. Selain dalam 2
varian rasa, Mikuat juga mempunyai 2 ukuran yaitu 95ml dan 170ml. Dairy Danone bekerja sama dengan ahli gizi dari PDGMI
(Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia) Jaya menciptakan produk yang membantu
menyeimbangkan kekurangan mikronutrien yang dialami banyak anak Indonesia.
1.2)
Inovasi terbaru Milkuat
Misi
dari PT. Danone. Misi PT. Danone Dairy Indonesia ini salah satunya terlihat
dari inovasi susu Milkuat Baru! Inovasi yang dilakukan oleh Danone terhadap
brand Milkuat ini antara lain dari sisi packaging
dan nutrisi produk. Perpaduan inovasi kemasan yang unik dengan kepala Tiger
(maskot Milkuat) dengan label “PLUS” Zat besi dan Zink.
Berikut
perbedaan inovasi packaging Milkuat!
(Sebelum)
(Sesudah)
Dari
gambar diatas bisa dilihat perbedaan dari packaging
botol. Sebelum inovasi packaging masih dengan gambar setengah badan dari Milku
yang sedang menendang bola. Sedangkan sesudah inovasi packaging tampak berbeda. Tidak ada lagi unsur bolanya namun dengan
demikian nutrisinya jauh lebih banyak dibandingkan sebelumnya.
Dan untuk inovasi nutrisi produk
bisa dilihat dari packaging. “Milkuat
NutriPLUS” bahwa ada tambahan nutrisi yang tertera di kemasan yaitu adanya
tambahan Zink dan Zat Besi.
1.3) Nutrisi
dalam Milkuat Nutriplus
Pada umumnya susu adalah sumber
protein, lemak dan kalsium yang sangat penting sebagai pelengkap makanan
sekaligus nutrisi untuk tubuh. Terutama bagi anak-anak yang sedang dalam masa
pertumbuhan. Milkuat Tiger Nutriplus dibuat dari Susu
Segar yang tinggi kalsium, mengandung 9 Vitamin dan 2 mineral esensial, serta
Ekstra Zat besi dan Zink.
Untuk lebih mengetahui lebih detail
macam kandungan vitamin dan mineralnya, mari kita lihat informasi nilai gizi dari
Susu Milkuat Tiger Nutriplus.
(untuk
takaran botol 95ml)
(untuk
takaran 170ml)
BAB
II
MARKETING
PRODUK
2.1)
Marketing
Produk secara umum
1) Hubungan dengan Masyarakat
Dairy Danone bekerja sama dengan ahli gizi dari PDGMI
(Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia) Jaya dalam menciptakan produk Milkuat
Tiger. Dan menghadirkan ahli gizi dalam memberikan saran gizi untuk para
konsumen yang ingin berinteraksi langsung dengan ahli gizi lewat website
Milkuat.
2)
Acara dan
Pengalaman
Dalam
mempromosikan produknya, pada akhir tahun 2012 kemarin Milkuat mengadakan lomba
Blog Milkuat. Para peserta membuat artikel blog dengan tema "Pengalaman
Ibu atau orang tua terhadap produk Milkuat Tiger Botol untuk si kecil".
2.2)
Marketing
Produk secara Langsung
1) Personal selling
Sebuah stand penjualan Milkuat yang sengaja untuk memberi
brand experience yang lebih berkesan dengan adanya interaksi dengan para
konsumen. Biasanya membutuhkan SPG untuk menggerakkan booth ini. Milkuat booth
biasanya ditempatkan di beberapa supermarket-supermarket juga di lokasi
rekreasi keluarga pada hari-hari strategis dimana diprediksikan akan ramai
pengunjung, seperti pada akhir pekan, liburan sekolah.
2) Sales promotion
Bentuk persuasif secara langsung melalui penggunaan berbagai insentif yang dapat diatur untuk merangsang pembelian produk dengan segera dan atau meningkatkan jumlah barang yang dibeli konsumen. Seperti sampel produk, coba gratis, hadiah bagi pelanggan yang membeli sesuai ketentuan. Contoh beli kelipatan Rp10.000,- Susu botol Milkuat Tiger akan mendapatkan buku tulis dari Milkuat, dan setiap membeli kelipatan Rp 25.000,- pelanggan akan mendapatkan Lunch Box cantik dari Milkuat.
2.3)
Marketing
Produk secara Tidak Langsung
PT.
Danone Dairy Indonesia juga menggunakan website, iklan TV,dll. Untuk memasarkan
inovasi terbaru produknya.
1)
Iklan
TV
Iklan yang berdurasi kurang lebih 30
detik. Penggambaran persepsi anak yang melihat refleksi dirinya sebagai superhero setelah minum Milkuat
bertujuan untuk mengkomunikasikan semangat kuat yang didapat dari Milkuat. Stasiun
TV yang digunakan berdasarkan banyaknya program anak-anak dan yang memiliki
rating yang baik. Kualifikasi programnya seperti TV series, talk show, children program, cartoon. Stasiun yang
dipilih seperti RCTI, SCTV, Transtv, Trans 7, MNC, ANTV.
2)
Iklan
di Majalah
Iklan ini akan dieksekusi oleh media
bersangkutan sehingga gaya editorial dan layout akan sesuai dengan karakter
dari media tersebut. Walau begitu akan tetap merujuk pada panduan dari Milkuat.
Konten iklan ini berisi informasi dalam bentuk artikel yang ditujukan untuk
mengedukasi masyarakat, khususnya para ibu. Artikel tersebut mengenai manfaat
vitamin, mineral dan fosfor bagi anak, dimana nutrisi-nutrisi tersebut
merupakan nutrisi yang terdapat pada Milkuat. Majalah seperti Nova, Femina,
Nyata, Kartini.
Adapun
majalah anak-anak, iklan ini menampilkan sang anak dan Milku dan aksi berlari
dengan refleksi diri si anak dalam bentuk superhero.
Seperti Bobo, Donal Bebek, Mombi.
3)
Website
Di bagian belakang kemasan botol terdapat sedikit penjelasan
mengenai pentingnya zat besi. Informasi mengenai pentingnya zat
besi ini diberikan sangat singkat. Informasinya hanya berbunyi:
“Zat besi dapat membantu dan mencegah anemia defisiensi zat besi. Jika
kamu ingin mengetahui tentang Milku, kunjungi www.milkuat.co.id”
Saat kita
mengunjungi website Milkuat ini, ada beberapa hal menarik yang dapat dipelajari
tentang bagaimana suatu brand membentuk persepsi konsumen. Mulai dari
konsistensi pesan seperti kata “PLUS”, Milkuat Baru!; strategi Milkuat dalam
membentuk persepsi konsumen, seperti di halaman homepage Milkuat ada beberapa
kategori:
a)
Info
produk
b)
Info
Nutrisi
c)
Games
4)
Twitter dan Facebook
Milkuat mempunyai akun sosial yang
secara tidak langsung juga mempromosikan produknya. Dengan kata lain, dengan
adanya akun ini menjadikan produk Milkuat lebih ramah atau lebih bermasyarakat
ke konsumen. Dengan mengadakan beberapa kuis berhadiah seputar produk
BAB III
KESIMPULAN
Milkuat adalah salah satu produk dari
PT. Danone Dairy Indonesia. DANONE yang berasal
dari Perancis. Milkuat terbuat dari susu segar alami yang sama sekali tidak
menggunakan pemanis buatan, maupun pengawet minuman. Ada dua macam rasa yang bisa
dinikmati, yaitu rasa cokelat dan Strawberry Fantasy. Selain dalam 2
varian rasa, Mikuat juga mempunyai 2 ukuran yaitu 95ml dan 170ml. Dairy Danone bekerja sama dengan ahli gizi dari PDGMI
(Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia). Milkuat Tiger Nutriplus
dibuat dari Susu Segar yang tinggi kalsium, mengandung 9 Vitamin dan 2 mineral esensial,
serta Ekstra Zat besi dan Zink.
Strategi Marketing mulai dari yang
umum, tidak langsung, maupun langsung kepada konsumen dilakukan untuk mendapat
perhatian para pelanggan dengan segala keunggulan produk Milkuat Nutriplus.
Komentar
Posting Komentar