Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi
Ujian
Nasional sudah diselenggarakan dan berikutnya adalah merencanakan dan
menentukan langkah selanjutnya. Apakah mau masuk perguruan tinggi, jurusan apa
yang dipilih, dsb. Bagi anak yang sudah mengetahui apa bakat dan minatnya dan
terbiasa mengambil keputusan sendiri, tidak banyak mengalami kendala dalam
memilih jurusan. Masalahnya di masa ini banyak siswa SMA yang sulit ambil
keputusan karena tidak tahu apa bakat dan minatnya, dan banyak yang belum
menemukan potensi dirinya, tidak terbiasa mengambil keputusan sendiri bahkan
untuk hal-hal yang terkait dengan kepentingannya, sehingga bingung ketika harus
memilih jurusan dan perguruan tinggi. Belum lagi gaya ikut-ikutan teman agar
ketika kuliah sudah memiliki teman yang telah dikenal, atau juga karena
mengikuti pacar. Kebingungan siswa ada pula yang disebabkan sikap orang tua
yang memaksakan anak memilih jurusan yang ditentukan orang tua, bukan kemauan
dan minat anaknya.
Dampak
Dari Salah Memilih Jurusan
Banyak
orang berpandangan, pilihlah jurusan yang gampang (gampang masuk dan gampang
lulus), supaya gampang dapat pekerjaan dan gajinya besar, regardless sesuai
minat atau tidak. Sebenarnya pandangan ini perlu ditinjau ulang karena memilih
suatu jurusan bukanlah persoalan yang mudah. Dalam memilih jurusan, siswa
perlu memperhitungakan beberapa faktor seperti kemampuan, minat, bakat,
kepribadian, dll. Salah memilih jurusan punya dampak yang signifikan terhadap
kehidupan anak di masa mendatang. Apa saja dampaknya ?
Problem
psikologisMempelajari
sesuatu yang tidak sesuai minat, bakat dan kemampuan, merupakan pekerjaan yang
sangat tidak menyenangkan, apalagi kalau itu bukan kemauan / pilihan anak, tapi
desakan orang tua. Belajar karena terpaksa itu akan sulit dicerna otak karena
sudah ada blocking emosi. Kesal, marah, sebal, sedih, itu semua sudah
memblokir efektivitas kerja otak dan menghambat motivasi. Anak kemungkinan akan
berusaha setengah mati supaya hasilnya baik,but at the cost of his/her being.
Dia mengabaikan panggilan hidupnya, perasaannya, demi orangtua. Kepahitan dan
kegetiran, marah, penyesalan dan penasaran bisa jadi membayangi setiap langkah
hidup anak. Akan tambah sedih lagi ketika dia melihat teman-temannya bisa
berbahagia di atas kehidupan yang mereka pilih sendiri. Kalau anak yang dari
keluarga berduit, bisa saja dengan mudahnya pindah kuliah, tapi buat mereka
yang ekonominya pas pas-an, ini bisa menjadi dilemma berat. Kalau tidak
ikut saran orang tua, anak merasa bersalah karena orang tua sudah susah-susah
membiayai kuliah, tapi kalau mengikuti kehendak orang tua, anak tertekan karena
mengabaikan panggilan jiwa. Memilih jurusan sesuai dengan saran teman atau
trend, padahal tidak sesuai dengan minat diri juga punya dampak psikologis,
yakni menurunnya daya tahan terhadap tekanan, konsentrasi dan menurunnya daya
juang. Apalagi kalau pelajaran kian sulit, masalah semakin bertambah, bisa
menyebabkan kuliah terancam terhenti di tengah jalan.
- Problem akademisProblem akademis yang bisa terjadi jika salah mengambil pilihan, seperti prestasi yang tidak optimum, banyak mengulang mata kuliah yang berdampak bertambahnya waktu dan biaya, kesulitan memahami materi, kesulitan memecahkan persoalan, ketidakmampuan untuk mandiri dalam belajar, dan buntutnya adalah rendahnya nilai indeks prestasi. Selain itu, salah memilih jurusan bisa mempengaruhi motivasi belajar dan tingkat kehadiran. Kalau makin sering tidak masuk kuliah, makin sulit memahami materi, makin tidak suka dengan perkuliahannya akhirnya makin sering bolos. Padahal, tingkat kehadiran mempengaruhi nilai.
- Problem relasionalSalah memilih jurusan, membuat anak tidak nyaman dan tidak percaya diri. Ia merasa tidak mampu menguasai materi perkuliahan sehingga ketika hasilnya tidak memuaskan, ia pun merasa minder karena merasa dirinya bodoh, dsb hingga dia menjaga jarak dengan teman lain, makin pendiam, menarik diri dari pergaulan, lebih senang mengurung diri di kamar, takut bergaul karena takut kekurangannya diketahui, dsb. Atau, anak bisa jadi agresif karena kompensasi dari inferioritas di pelajaran. Karena dia merasa kurang di pelajaran, maka dia berusaha tampil hebat di lingkungan sosial dengan cara missal, mendominasi, mengintimidasi anak yang dianggap lebih pandai, dsb.
Bagaimana
Memilih Jurusan Agar Tepat?
Memilih
jurusan pada dasarnya merupakan sebuah proses yang sudah dimulai sejak masa
anak-anak. Kesempatan, stimulasi, pengalaman apa saja yang diberikan pada anak
sejak kecil secara optimum dan konsisten, itu akan menjadi bekal, modal dan
fondasi minat dan bakatnya. Makin banyak dan luas exposure-nya, makin anak tahu
banyak tentang dirinya, tapi makin sedikit exposure nya, makin
sedikit juga pengetahuan anak tentang dirinya. Menurut Gunadi et al
(2007), ada beberapa prinsip yang perlu diperhatikan dalam melakukan pemilihan
jurusan agar jurusan yang dipilih tepat, yaitu:
- Mencari informasi secara detil mengenai jurusan yang diminati. Sebelum memilih jurusan, hendaknya anak punya informasi yang luas dan detil, mulai dari ilmunya, mata kuliahnya, praktek lapangan, dosen, universitasnya, komunitas sosialnya, kegiatan kampusnya, biaya, alternative profesi kerja, kualitas alumninya, dsb.
- Menyadari bahwa jurusan yang dipilih hanya merupakan salah satu anak tangga awal dari dari proses pencapaian karir. Anak perlu tahu realitanya, bahwa jurusan yang dipilih tidak menjamin kesuksesan masa depannya.Jangan dikira bahwa dengan kuliah di jurusan tersebut maka hidupnya kelak past sukses seperti yang di iklankan.
- Jurusan yang dipilih sebaiknya sesuai dengan kemampuan dan minat siswa yang bersangkutan. Jika seorang siswa memilih jurusan sesuai dengan kemampuan dan minatnya, maka dirinya akan mampu bertahan dalam menghadapi kesulitan-kesulitan selama kuliah, namun jika dirinya tidak memiliki kemampuan dan minat dalam jurusan yang dipilih, bisa mempengaruhi motivasi belajar seperti yang telah dijelaskan di atas.
- Berpikiran jauh ke depan melihat konsekuensi dari setiap pilihan, apakah mampu menjaga komitmen dan konsekuensi kerja sebagai akibat dari pilihan itu? Di setiap pilihan pasti ada konsekuensi profesi, jangan sampai ingin punya status tapi tidak ingin menjalani konsekuensinya. Jangan sampai ingin jadi dokter tapi tidak siap mendapatkan panggilan mendadak tengah malam dari pasiennya; ingin jadi tentara tapi takut berperang; ingin jadi guru tetapi tidak sabar / tidak senang disuruh menghadapi anak murid. Jadi, kalau sudah punya cita-cita, siapkan mental, fisik dan komitmen untuk mau belajar menghadapi tantangannya.
- Jurusan yang dipilih sebaiknya sesuai dengan cita-cita anak. Setiap anak pasti memiliki cita-cita. Jika anak bercita-cita menjadi psikolog maka sebaiknya memilih jurusan psikologi bukan jurusan sosiologi atau yang lainnya. Jika ingin menjadi dokter, ya harus mengambil kuliah kedokteran. Pelajari bidang studi yang mempunyai beberapa proses. Misalnya, anak kelak ingin menjadi dokter bedah, maka terlebih dahulu harus menjalani kuliah di kedokteran umum.
- Menyiapkan beberapa alternatif. Alangkah baiknya jika anak memiliki lebih dari satu alternative untuk menjaga jika dirinya tidak masuk di alternative pertama, maka masih ada kesempatan di alternative berikutnya. Pemilihan alternative studi harus pun diupayakan yang masih sesuai dengan minat dan kemampuan anak, bukan karena pilihan yang paling besar kemungkinan diterima padahal tidak sesuai minat.
Mengoptimalkan peran sekolah, guru dan guru Bimbingan Konseling
Dukungan bagi anak selain dari orang tua, juga di peroleh dari guru di sekolah,
baik guru kelas, guru mata pelajaran maupun guru bimbingan konseling. Ada
beberapa hal yang dapat dilakukan oleh pihak guru untuk membantu mengarahkan
anak didik mereka kelak dalam menentukan pilihan bidang studi / jurusan :
- Mengamati dan mencermati perkembangan kemampuan intelektual murid. Kemampuan intelektual sangat penting di masa kuliah, agar mudah menangkap materi dan meminimalisir hambatan yang berat. Kemampuan intelektual ini biasanya dapat dilihat dari prestasi belajarnya selama di sekolah mulai dari catur wulan awal. Guru kelas bekerja sama dengan guru bimbingan konseling memonitor perkembangan anak didik agar masalah yang terjadi di tengah jalan dapat di tangani sebelum menjadi masalah yang berat.
- Memberikan tes minat bakat menjadi salah satu cara untuk mengeksplorasi minat dan bakat anak. Tes minat bakat biasanya dilakukan ketika anak masih belum dapat memutuskan ke mana minat dan bakatnya sementara banyak alternative jurusan yang dapat dia pilih.
- Memberikan penjelasan pada orang tua mengenai pemilihan jurusan dan bentuk dukungan untuk anak. Sejak awal mula sekolah, para guru bisa menghimpun para orang tua untuk ikut mencermati kemampuan, minat, bakat anaknya supaya baik orang tua bisa berpartisipasi dalam mengarahkan anak memilih jurusan yang tepat.
- Memberikan bimbingan pada anak didik untuk tetap tekun dalam masa kuliah, mampu mendorong / memotivasi diri sendiri serta mampu melawan virus-virus kebosanan yang muncul.
- Menyiapkan mental anak didik dalam berbagai bentuk latihan dan tempaan, agar mereka tidak hanya siap materi namun juga siap mental menghadapi tekanan dan tantangan yang akan dihadapi.
Sejak
awal, peran sekolah ini sangat penting karena pola pikir, minat, prestasi anak
sedikit banyak dipengaruhi oleh apa yang ia peroleh di sekolah dan juga apa
yang terjadi di sekolah. Misalnya, kalau sekolah itu berkualitas dan
berprestasi, maka anak pun akan memilih yang berkualitas, bukan yang sekedarnya
atau seadanya. Apalagi, kalau sekolah tersebut perlunya kerja sama dengan
lembaga pendidikan lain, atau perguruan tinggi yang berkualitas baik di dalam
maupun di luar negeri, hal ini membuat anak punya benchmark universitas
maupun target pilihan jurusan yang tinggi. Jika pihak sekolah punya
standard kualitas mutu yang tinggi, maka biasanya para guru juga akan mendorong
anak didik mereka untuk mencapai target yang tinggi (berkualitas) misalnya
supaya bisa diterima di beberapa perguruan tinggi yang dikenal terbaik dalam
beberapa jurusan.
Mengoptimalkan dukungan Orang Tua
Peran
orang tua sangat penting dalam mendukung anak menentukan pilihan dan jalan
hidup mereka. Itu sebabnya, sering dikatakan bahwa pada saat anak tumbuh
remaja, posisi orang tua bukan lagi orang tua seperti dulu tapi lebih sebagai
teman. Orang tua bisa menjadi tempat curhat dan konsultasi yang
nyaman, tanpa harus cemas kalau-kalau mereka tidak punya hak suara. Di atas
telah dijelaskan dampak psikologis, akademis dan sosial kalau orang tua lah
yang menentukan pilihan tanpa melihat minat dan bakat anaknya sendiri. Apalagi,
dengan referensi informasi yang mungkin sekali lebih terbatas dari anaknya,
jangan sampai orang tua merasa pendapatnya paling benar padahal pendapatnya
berdasarkan informasi yang sudah kadaluwarsa, tidak up to date lagi.
Selain itu, orang tua juga perlu mengevaluasi motivasi dan ambisi nya
masing-masing, karena tanpa sadar orang tua mengarahkan anak untuk
menyelesaikan "keinginan dan ambisi tak sampainya" di masa lalu.
Padahal, anak itu bukanlah parent's extension. Dipastikan saja, bahwa pilihan
anak bukanlah karena ambisi orang tua, atau karena kecemasan dan cara berpikir
yang keliru dalam mempersepsi masa depan anak. Misalnya, anak memilih jurusan
sastra karena mampu dan sesuai minat, tapi tidak disetujui orang tua karena
menurut mereka, akan susah cari kerja.
Orang
tua perlu memastikan saja, apa motivasi anak memilih jurusan yang dia inginkan. Mengajak
anak menganalisa motivasi dan alasan, akan lebih menguntungkan karena anak akan
mencoba menerapkan cara berpikir analitis yang serupa ketika memilih dan
memilah jurusan yang lain. Ajak anak untuk mencari contoh kongkrit (orang
yang sudah lebih dahulu kuliah dan atau kerja) dari dampak salah memilih
karena sebab-sebab tertentu, misalnya : pengaruh teman, suruhan orang tua,
asumsi yang keliru.
Alangkah
baiknya jika orang tua bisa membantu anak mencari informasi mengenai
sekolah-sekolah yang berkualitas dan membiarkan anak melihat plus minusnya
secara kongkrit. Diskusikan secara terbuka factor apa saja yang jadi potensi
kendala dan bagaimana strategi solusinya. Dengan demikian, akan tercipta
komunikasi yang terbuka dan positif, anak merasakan dukungan dan komitmen orang
tua, sehingga anak pun diharapkan tergugah untuk menjaga komitmen dan
keseriusannya terhadap pilihan studinya.
Mengoptimalkan peran social network
Punya
banyak teman dan luasnya jaringan sosial bisa memberikan keuntungan positif.
Baik orang tua maupun anak bisa saling bertukar informasi dengan yang lain
mengenai segala sesuatu yang berkaitan dengan pilihan studi.Kalau mencari
sendiri butuh waktu yang lama, maka kalau saling bertukar informasi, tentu akan
lebih efektif dan efisien. Namun yang perlu diingat adalah bahwa orang tua
tetap harus obyektif dan rasional, karena salah-salah jadi mudah terpengaruh
dan terikut pendapat orang yang belum tentu benar. Yang kita cari adalah
informasi faktual bukan gossip-nya.
Tak
dapat dipungkiri bahwa untuk memilih suatu jurusan dibutuhkan pertimbangan yang
matang serta kemampuan untuk mengenali kelebihan dan kekurangan diri. Seiring
dengan eksplorasi minat dan bakat, anak pun perlu di arahkan untuk menjadi
pribadi yang bertanggung jawab atas pilihannya. Anak perlu diajarkan untuk
mandiri dan mampu memotivasi diri sendiri, disiplin, dan serius belajar sebagai
perwujudan dari komitmen atas pilihan hidupnya. Jika menjumpai kendala, tidak
mudah putus asa apalagi berhenti di tengah jalan atau ganti haluan. Semoga artikel
ini bermanfaat J
Komentar
Posting Komentar