Keterkaitan antara arsitektur komputer dengan struktur kognisi manusia



Manusia dalam mempermudah pekerjaannya, melakukan berbagai upaya pengembangan teknologi untuk berbagai bidang aktivitas dan kebutuhannya. Dewasa ini teknologi yang mampu mempemudah pekerjaan manusia baik dalam bentuk pekerjaan yang mengandalkan kontribusi langsung dengan kemampuan berpikir (mengolah data dll), juga pekerjaan yang berhubungan dengan tenaga (pemograman mesin produksi) adalah komputer. Komputer dapat menyimpan dan memproses data sesuai dengan kebutuhan penggunanya, yaitu manusia. Perbedaannya adalah pengetahuan yang ada dalam otak manusia merupakan hasil dari proses perkembangan kognitif manusia tersebut. Pengetahuan bagi manusia dapat digantikan dengan nama program bila pada komputer, dan program pada komputer adalah hasil ciptaan manusia.
Manusia sendiri dalam mengolah informasi yang diterima melalui beberapa proses diantaranya : adanya stimulus energi berupa suara, cahaya dll → yang kemudian masuk atau diterima oleh panca indera (sensory system) → lalu energi yang masuk ke panca indera dihubungkan ke syaraf (Transduction) → sensory detection iconic / echoic storage → CNS activity (aktifitas di dalam otak) & coding → memory & transformation → overt activity (hasil saat mengetahui informasi).
Sedangkan pemrosesan informasi pada komputer yaitu : input data → proses → output. Jadi, komputer telah dirancang sedemikian rupa agar dapat membantu manusia khususnya untuk mengolah data dan mendapat informasi atau hasil yang dibutuhkan.

Komentar

Postingan Populer