Menganalisis Website Ruang Psikologi zine


Sampai saat ini penggunaan internet oleh seluruh dunia semakin bertambah dan akan terus bertambah seiring jalannya globalisasi dan peningkatan teknologi. Dari anak-anak sampai orang dewasa tidak luput dari pengguanaan internet. Memang tidak dapat dipungkiri lagi kekayaan manfaat dari internet tersebut, yang dapat mengakses data dengan cepat, mudah dan instant. Dengan adanya internet juga dapat memudahkan banyak orang untuk menyalurkan kesukaannya dalam berbisnis online seperti menjual pakaian, jam tangan, tas, accessoris dan lain-lain yang dapat menghasilkan uang. Selain bisnis online, membuat website, blog dan sarana lainnya di internet dalam konteks membuat website atau blog berisi ilmu pengetahuan tentang bidang-bidang tertentu, misalnya website atau blog yang berisi tentang artikel, opini, berita tentang bidang yang diinginkan dan lain sebagainya yang tentunya dapat memberikan pengetahuan baru ataupun memberikan berbagai macam informasi dalam kehidupan. Seperti website atau blog yang berisikan segala sesuatu yang berhubungan dengan psikologi, kedokteran, dan bidang lainnya. 
Untuk contoh pemanfaatan internet, saya mengambil pemanfaatan internet dalam bidang psikologi, dan saya mencoba menganalisis website “Ruang Psikologi zine”. Pengetahuan dan informasi tentang psikologi yang di paparkan sangat bagus dan kaya akan manfaat, dan artikelnya sangat bervariasi dan banyak terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengetahui lebih jelasnya tentang Ruang Psikologi zine, saya akan mencoba menganalisis konten dan berbagai manfaat dari website Ruang Psikologi zine ini. 

Mari kita mulai menganalisis website ini.

Jika kita mengetikan www.ruangpsikologi.com maka akan muncul website psikologi yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut ini adalah tampilan utama (beranda) saat membuka website ruang psikologi zine.
( Beranda Ruang Psikologi zine )




KONTEN-KONTEN DALAM RUANG PSIKOLOGI


Konten Archives yang berisikan artikel-artikel mengenai Psikologi. Jika kita mengetik salah satu nama bulan di dalam kotak archives tersebut maka akan muncul kumpulan artikel yang di posting atau share di bulan itu.

Contoh: kita klik pada bulan ‘August 2012’ maka akan muncul tampilan seperti ini.
( contoh tampilan archive August 2012 )



Konten Tags ini berisikan sejumlah label dengan masing-masing mewakili bagian dari Ilmu Psikologi. Bila kita menge-klik salah satu label di dalam kotak Tags tersebut, maka kita akan melihat beberapa artikel yg bertemakan dengan label yang kita pilih.

Contoh: Kita pilih label ‘Psikologi Sosial’, maka akan muncul tampilan seperti ini.

( contoh tampilan Tags Psikologi Sosial )




MENU-MENU DALAM RUANG PSIKOLOGI







  1.   Tentang Ruang Psikologi
Ruangpsikologi.com atau Ruangpsikologi zine adalah webzine yang membahas isu-isu sehari-hari sampai berita terkini dari sudut pandang psikologi dan juga memberikan pengetahuan tentang ilmu psikologi dalam bahasa yang mudah dan populer dengan tujuan mengedukasi masyarakat. Berawal dari sebuah blog “psigoblog” (Psikologi Indonesia Goes Blogging) yang awalnya dibuat untuk memfasilitas hobi menulis, kini tujuan tersebut berkembang menjadi situs majalah online Ruang Psikologi.
Ruangpsikologi juga tidak hanya sekedar webzine, melainkan ‘portal’ bagi masyarakat awam untuk tahu dan terlibat untuk mengetahui ilmu psikologi dan juga sebaliknya. Fitur Teras adalah halaman utama yang menyediakan artikel-artikel faktual yang dibahas dari perspektif ilmu psikologi. Artikel-artikel yang dicantumkan bersifat informatif dari teori psikologi yang ada dan analisis dari fenomena sosial. Pada Fitur Perpustakaan, disediakan beberapa link dan situs yang dapat menjadi referensi untuk tugas kuliah maupun aplikasi ilmu psikologi dalam dunia pekerjaan, dari area psikologi klinis sampai psikologi industri. Kemudian ada profil penulis Ruang Psikologi zine pada fitur Redaksi. Saran, kritik, serta feedback mengenai ruangpsikologi zine dapat ditulis langsung di halaman redaksi.
Artikel di dalam zine ini dibagi menjadi beberapa ‘ruang’ utama, yaitu Psikologi sosial, Psikologi Pendidikan, Psikologi Industri & perilaku ekonomi, Psikologi Perkembangan, dan lain-lain.
Ruang Psikologi zine juga terbuka untuk diskusi dan pertanyaan. Tinggal kirimkan email ke: admin@ruangpsikologi.com


  1. Perpustakaan
Berisikan beberapa link dan situs yang dapat menjadi referensi untuk tugas kuliah maupun aplikasi ilmu psikologi dalam dunia pekerjaan, dari area psikologi klinis sampai psikologi industri.
( Perpustakaan Ruang Psikologi )
  1. Redaksi
Konten ini berisikan tentang profil penulis Ruang Psikologi zine. Saran, kritik, serta feedback mengenai ruangpsikologi zine dapat ditulis langsung di halaman redaksi.
( Redaksi Ruang Psikologi )


Fitur lainnya:



  1. Blog
Merupakan salah satu kategori yang berisikan opini dan tulisan ringan mengenai Psikologi dan berbagai macam hal yang bisa dikaitkan dengan Ilmu Psikologi. Diskusi dan kebebasan berpendapat sangat dijunjung tinggi di dalam wadah ini.
( kumpulan kategori blog Ruang Psikologi zine )



  1. Essay
Tulisan ilmiah dan semi-ilmiah yang dikemas dengan berbagai teori ilmu Psikologi dari berbagai macam area. Seperti psikologi Klinis, Psikologi Perkembangan, Psikologi Sosial, Psikologi Industri, dll.

( Artikel kategori Essay di Ruang Psikologi zine )

  1. News
Memuat berita sehari-hari mengenai hal-hal yang berkaitan erat dengan Psikologi, baik dari area ilmu Psikologi maupun perkembangan dari masyarakat Psikologi Indonesia maupun internasional itu sendiri.

( Artikel kategori News di Ruang Psikolgi zine )



ASPEK PSIKOLOGI WARNA DALAM DESIGN WEBSITE

Warna adalah sebuah unsur utama dalam design. Kesesuaian dan komposisi warna sangat menentukan sebuah karya enak dilihat atau tidak. Penting sekali untuk mempertimbangkan pemilihan warna dari segi psikologis karena mempengaruhi pengunjung.
Menurut saya, warna dalam website Ruang Psikologi zine sangat menarik. Website tersebut lebih dominan menggunakan “Warna Putih” untuk backgroundnya. Warna biru dan Orange di Logo websitenya, serta warna biru di teks linknya. Menurut psikologi warna pada sumber yang saya ambil, walaupun warna putih terlihat hampa, tetapi warna putih mengisyaratkan kesucian, ketulusan, bersih,  jujur,  murni, dan juga sederhana. Putih adalah warna netral, sehingga bisa dicampur dengan warna apapun, tulisan dalam sebuah website juga dapat terlihat jelas jika dilatarbelakangi dengan warna putih, sehingga pengunjung dapat lebih mudah untuk membaca konten dalam sebuah website. Dalam dunia design, putih menimbulkan kesan informatif, jelas, dan professional. Warna orange yang menyimpulkan kehangatan, serta keceriaan namun dengan dipadukan dengan teks warna Biru yang menimbulkan kesan kepercayaan, ketenangan, kedamaian, dan ketulusan. Website tersebut menjadi menarik perhatian pengunjung karena warna terang dan softnya.

Manfaat Website Ruang Psikologi zine
1)      Sangat bermanfaat dalam menambah ilmu pengetahuan bagi pembacanya terutama dibidang Psikologi. Mau itu mahasiswa/i fakultas Psikologi yang ingin memperdalam ilmunya ataupun orang awam yang ingin mengetahui tentang dunia Psikologi.
2)      Banyak berita dan artikel yang sangat menarik, bahkan artikel terupdate yang dipublikasikan sangatlah bermanfaat dalam memberikan inspirasi dan motivasi bagi para pembacanya.
3)      Dengan adanya tulisan ringan mengenai psikologi, menjadikan para pembaca lebih kreatif dan berinovasi untuk membuat artitel-artikel yang nantinya akan di-post di website tersebut.
4)      Dengan adanya saran dan diskusi di berbagai artikel, membuat pembacanya lebih memahami isi artikel tersebut dan bisa dijadikan sebagai salah satu tempat bertukar fikiran dengan pembaca lainnya, dengan begitu kita bisa menambah wawasan terutama tentang Psikologi.




Kesimpulan
Website Ruang Psikologi zine merupakan salah satu website terbesar dan ternama di Indonesia yang berisi tentang Psikologi, dimulai dari berita, artikel, serta sekumpulan dari blog-blog yang membahas tentang Psikologi. Sehingga para pembaca website ini pasti bertambah ilmu pengetahuannya mengenai Psikologi.




Daftar Pustaka
http://news.palcomtech.com/2011/03/aspek-psikologi-warna-dalam-desain-web/







Komentar

  1. Hi, perkenalkan, gw Dion dari RuangPsikologi.com. Thanks atas analisisnya, ya. Kami jadi tahu, nih, kualitas situs kami di mata pembaca :D

    Sering-sering main ke RuangPsikologi.com, ya!!! :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer