Menganalisis Website Psikologi Zone


Sampai saat ini penggunaan internet oleh seluruh dunia semakin bertambah dan akan terus bertambah seiring jalannya globalisasi dan peningkatan teknologi. Dari anak-anak sampai orang dewasa tidak luput dari pengguanaan internet. Memang tidak dapat dipungkiri lagi kekayaan manfaat dari internet tersebut, yang dapat mengakses data dengan cepat, mudah dan instant. Dengan adanya internet juga dapat memudahkan banyak orang untuk menyalurkan kesukaannya dalam berbisnis online seperti menjual pakaian, jam tangan, tas, accessoris dan lain-lain yang dapat menghasilkan uang. Selain bisnis online, membuat website, blog dan sarana lainnya di internet dalam konteks membuat website atau blog berisi ilmu pengetahuan tentang bidang-bidang tertentu, misalnya website atau blog yang berisi tentang artikel, opini, berita tentang bidang yang diinginkan dan lain sebagainya yang tentunya dapat memberikan pengetahuan baru ataupun memberikan berbagai macam informasi dalam kehidupan. Seperti website atau blog yang berisikan segala sesuatu yang berhubungan dengan psikologi, kedokteran, dan bidang lainnya. 
Untuk contoh pemanfaatan internet, saya mengambil pemanfaatan internet dalam bidang psikologi, dan saya mencoba menganalisis website “Psikologi Zone”. Konten dalam website Psikologi Zone sangat banyak dan lengkap. Pengetahuan dan informasi tentang psikologi yang di paparkan sangat bagus dan kaya akan manfaat, dan yang lebih menarik, artikel, dan berita yang di-share sangat bervariasi dan banyak terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, Psikologi Zone juga menyediakan sarana konsultasi atau bisa disebut E-Counseling. E-Counseling ini tidak dipungut biaya (gratis), rahasia dan tidak mengikat, konsultasinya pun ditangani oleh psikolog yang berpengalaman. Untuk mengetahui lebih jelasnya tentang Psikologi Zone, saya akan mencoba menganalisis konten dan berbagai manfaat dari website Psikologi Zone ini. 

Mari kita mulai menganalisis website ini.



Jika kita mengetikan www.psikologizone.com maka akan muncul website psikologi yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut ini adalah tampilan utama (beranda) saat membuka website Psikologi Zone.

(Beranda Psikologi Zone)


FITUR-FITUR DALAM PSIKOLOGI ZONE

Fitur yang ada dalam website Psikologi Zone cukup banyak, diantaranya:

Berisikan culikan kutipan  dari para psikolog ternama tentang kehidupan sehari-hari. Seperti:
  • “Ketika ada kekeliruan terhadap anak, maka semua pihak harus berani mengintropeksi diri masing-masing” –Kak Seto-
  • “Orang tua dan lingkungan jangan membunuh usaha remaja menjadi kreatif dengan melabell nakal, aneh, atau nyeleneh” –Tika Bisono, MPsi., Psi-
  • “Pada prinsipnya kelanggengan rumah tangga terwujud kalau setiap pasutri saling memahami satu dengan lainnya” –Winarini Wilman Ph.D-

 Dalam fitur ini berisikan cuplikan breaking news. Beberapa berita terbaru yang dimuat didalam website tersebut. Berita ini disertakan pula tanggal update dan di muat komentar untuk pendapat, reaksi, komentar dan tanggapan dari para pembacanya.
  



Fitur ini merupakan sebuah polling untuk para pengunjung. Adapun kalangan yang dimaksud dalam website ini diantaranya “pelajar, pekerja lainnya,  praktisi, dosen dan peneliti”. Dengan adanya konten ini, kita bisa mengetahui kalangan mana yang lebih dominan mengunjungi website PsikologiZone ini.





Fitur ini berisikan sambungan langsung dari website ke twitter PsikologiZone. Dengan adanya konten twitter ini, para pengunjung bisa mengetahui alamat twitter PsikologiZone, bahkan para pengunjung bisa mengetahui dan membaca aktifitas twitternya via konten ini.

 Fitur ini menyambungkan website ke youtube, twitter, facebook, RSS, dan email Psikologi Zone.


BEBERAPA MENU DALAM WEBSITE PSIKOLOGI ZONE




  1. Events PsikologiDalam menu berita, kita dapat mengetahui informasi tentang Seminar Psikologi dan Events yang akan diadakan di suatu daerah. Tanggal pelaksanaan seminar atau events juga telah tertera, jadi kita bisa dengan mudah mengetahui waktunya.
  1. Tes Kepribadian MBTIMBTI adalah instrumen yang mengukur beberapa aspek kecerdasan individu, kepribadian, bakat, dll. MBTI ini dirancang untuk mengukur tipe kepribadian Anda dan merupakan instrumen yang paling banyak digunakan. Tes ini sengaja diperuntukan bagi pembaca. Bila ingin mengetahui kepribadian apa yang dimiliki maka tes ini cocok untuk diikuti. Tes ini gratis dari pihak Psikologi Zone.
(tes kepribadian MBTI dari Psikologi Zone)

Ada tes Kepribadian lain seperti:



 
Selain Tes kepribadian dari MBTI adapula tes-tes kepribadian lain seperti 3 gambar disamping. Gambar tersebut merupakan iklan yang ada di dalam website Psikologi Zone. Salah satunya merupakan tes kepribadian untuk si buah hati.

      3.   Kirim Konsultasi
Konsultasi PsikologiZone adalah layanan tanya jawab psikologi berbasis e-counseling, yaitu konseling yang dilakukan melalui media internet. Layanan ini bersifat gratis, rahasia, dan tidak mengikat. Diasuh oleh tiga psikolog profesional, Psikologi Zone berupaya agar segala pertanyaan akan mendapat respon dan tanggapan yang dapat dipertanggungjawabkan. Untuk mengirim konsultasi harap Klik Formulir Konsultasi Psikologi lalu tekan Submit untuk mengirim pertanyaan.
Psikolog yang menangani E-Counseling :
1)      Uswatun Hasanah, S.Psi. M.Psi. Seorang psikolog yang berpengalaman dalam menangani masalah-masalah psikologis, mulai dari hubungan interaksi keluarga, anak dan remaja, pendidikan, hingga gangguan psikologis lain. Sehari-hari, beliau adalah dosen di Fakultas Psikologi Universitas Darul Ulum, Jombang, Jawa Timur. Juga, menjadi direktur dan konsultan pendidikan anak, rekan ahli psikologi di beberapa lembaga, dan dipercaya sebagai pembicara di berbagai seminar, pelatihan, dan talk show.
2)      Israele Euaggelion, S.Psi. M.Psi. Pendidikan psikologinya ditempuh di Fakultas Psikologi Universitas Tarumanegara, Jakarta, dengan fokus bidang kajian psikologi klinis anak. Selain dipercaya sebagai konselor, juga berpengalaman dalam bidang psychological testing di berbagai institusi pendidikan dan bank swasta ternama di Indonesia. Saat ini, tergabung dalam lembaga Psychological Assesement.Centre “LOVE”, merupakan assessment centre yang bergerak di bidang klinis, pendidikan, serta industri dan organisasi.
3)      Dani Tri Astuti, S. Psi. M.Psi. Menyelesaikan pendidikan psikologi di Fakultas Psikologi Universitas Tarumanegara, Jakarta. Mendalami bidang psikologi klinis anak dan dewasa. Saat ini, dipercaya sebagai Psikolog di rumah sakit swasta di Tangerang. Berpengalaman sebagai konselor dan tester di beragam insitusi pendidikan. Kini, tergabung dalam lembaga Psychological Assesement.Centre “LOVE”, merupakan assessment centre yang bergerak di bidang klinis, pendidikan, serta industri dan organisasi.

4.    Pelayanan Psikologi
Berisikan tentang layanan dari suatu management untuk memberikan pemahaman, mengarahkan, dan merubah sikap dan perilaku kearah yang lebih baik.
(artikel pelayanan Psikologi)

5.   Tanya Jawab
Ruang Tanya Jawab Psikologi adalah wadah bertanya dan berbagi jawaban seputar psikologi. Namun ada beberapa syarat dan ketentuan layanan yang berlaku. Diantaranya:
·         Tanyakan: Ajukan pertanyaan melalui "Ask a Question".
·         Jawab: Bantu anggota lain dengan memberikan jawaban.
·         Tentukan: Vote untuk pertanyaan dan jawaban terbaik.

(artikel tanya jawab tentang Psikologi)

6.   Rilis Pers




Menu lainnya yaitu



Pada dasarnya jika kita menge-klik salah satu menu diatas, maka kita akan melihat artikel-artikel dari kategori yang kita pilih. Misalnya kita menge-klik ‘keluarga’ maka kita akan melihat berbagai macam artikel yang membahas permasalahan tentang keluarga dari sudut pandang psikologi.
1.      Anak
Didalam kategori ini terdapat pembahasan psikologi tentang perkembangan anak.

(artikel anak)
2.      Industri
Psikologi industri dan organisasi, berbagai bidang pembahasan dan terapan mengenai psikologi dalam setting dunia kerja dan organisasi.
3.      Keluarga
Memandang pengertian dan permasalahan tentang keluarga dari sudut pandang psikologi.
4.      Kepribadian
Membahas tentang kepribadian seseorang beserta berbagai teorinya
5.      Klinis
Membahas tentang penanganan, penganalisisan, dan diagnosa penyakit-penyakit jiwa.
6.      Kolom
            Dalam kategori kolom berisikan artikel-artikel menarik dari para pakar. 

(artikel para pakar)
7.      Konsultasi
Terdiri dari beberapa kategori konsultasi dan segala penanganannya oleh psikolog ternama.


(kategori konsultasi Psikologi Zone)

Contoh konsultasi dalam Psikologi Zone:


(Konsultasi tentang “Memilih Home Schoolong atau Tidak”)

8.      PendidikanBerbagai peranan psikologi dalam dunia pendidikan dan segala pembahasannya
9.      RemajaMembahas tentang perkembangan dunia remaja, berbagai macam permasalahannya dan   solusinya
10.      ZeitgeistMeliputi informasi psikologi aktual



ASPEK PSIKOLOGI WARNA DALAM DESIGN WEBSITE 



Warna adalah sebuah unsur utama dalam design. Kesesuaian dan komposisi warna sangat menentukan sebuah karya enak dilihat atau tidak. Penting sekali untuk mempertimbangkan pemilihan warna dari segi psikologis karena mempengaruhi pengunjung.
                Menurut saya, warna dalam website Psikologi Zone sangat menarik. Website tersebut lebih dominan menggunakan “Warna Putih” untuk backgroundnya. Warna merah muda pada Logo Psikologi Zone dan biru pada Teksnya. Menurut psikologi warna pada sumber yang saya ambil, walaupun warna putih terlihat hampa, tetapi warna putih mengisyaratkan kesucian, ketulusan, bersih,  jujur,  murni, dan juga sederhana. Putih adalah warna netral, sehingga bisa dicampur dengan warna apapun, tulisan dalam sebuah website juga dapat terlihat jelas jika dilatarbelakangi dengan warna putih, sehingga pengunjung dapat lebih mudah untuk membaca konten dalam sebuah website. Dalam dunia design, putih menimbulkan kesan informatif, jelas, dan professional. Warna merah muda yang biasanya menjadi simbol wanita yang menggambarkan feminisme namun dengan dipadukan dengan teks warna Biru yang menimbulkan kesan kepercayaan, ketenangan, kedamaian, dan ketulusan. Website tersebut menjadi menarik perhatian pengunjung karena warna terang dan softnya.
Dengan semikian disimpulkan bahwa warna putih adalah warna yang cukup bagus untuk design warna sebuah website, Psikologi Zone menggunakan warna putih untuk background website-nya mungkin untuk menampilkan kesan yang formal, jelas dan professional, karena dalam Psikologi Zone berisi semua tentang psikologi, dari mulai ilmu pengetahuan tentang psikologi sampai dengan sarana konsultasi atau E-Counseling yang memerlukan kesan formal dan jelas. Dan warna biru yang mempertegas kesan kepercayaan. Selain itu juga agar memudahkan pengunjung untuk membaca konten dalam website Psikologi Zone sehingga tidak terjadi kekeliruan.


Manfaat Website Psikologi Zone
1)      Sangat bermanfaat dalam menambah ilmu pengetahuan bagi pembacanya terutama dibidang Psikologi. Mau itu mahasiswa/i fakultas Psikologi yang ingin memperdalam ilmunya ataupun orang awam yang ingin mengetahui tentang dunia Psikologi.
2)      Banyak berita dan artikel yang sangat menarik, bahkan artikel terupdate yang dipublikasikan sangatlah bermanfaat dalam memberikan inspirasi dan motivasi bagi para pembacanya.
3)      Dengan membuka website ini, para pembaca bisa mengetahui event-event atau seminar apa saja yang sedang diadakan oleh pihak Psikologi Zone. Dengan demikian para pembaca bisa mengikuti dan memperdalam pengetahuannya tentang Psikologi.
4)      Adanya layanan tanya jawab psikologi berbasis e-counseling sangat membantu bagi siapa saja yang ingin berkonsultasi tentang permasalahan mereka, baik bagi anak-anak, remaja, ataupun orang tua. Layanan ini seakan mempermudah akses konsultasi seperti tidak membuang-buang waktu dan hemat pengeluaran bagi konsultan untuk keluar rumah menemui psikolog.
5)      Dengan mengunjungi website ini, pembaca bisa mengetahui kepribadian apa yang mereka miliki dengan mengikuti tes-tes Psikologi di website Psikologi Zone. Dengan kata lain website ini berguna bagi para pembaca untuk mengetahui tipe kepribadian manakah yang mereka miliki.



Kesimpulan
Website Psikologi Zone merupakan salah satu website terbesar dan ternama di Indonesia yang berisi tentang Psikologi, dimulai dari berita, tes kepribadian, artikel, kegiatan event atau seminar, serta sarana konsultasi yang sangat banyak membantu. Sehingga para pembaca website ini pasti bertambah ilmu pengetahuannya mengenai Psikologi.



Daftar Pustaka
www.psikologizone.com


Komentar

Postingan Populer